Pentingnya memahami sejarah untuk kehidupan

Halo sobat fillaah, hari berganti hari, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun. Tentu dalam setiap pergantian itu akan ada yang namanya sejarah, dan bisa saja sejarah itu terulang di hari kemudian. Kenapa admin berinisiatif untuk membahas topik seperti ini? Karena, Kita ini berada di penghujung zaman sob, tidak ada jaminan kalau kelangsungan hidup akan selalu lancar. Sudah banyak sejarah yang terulang kembali, bahkan budaya zaman dahulu pun sudah muncul kembali di zaman sekarang.

Apa itu sejarah?

kata kunci dari sejarah adalah proses, berubah, lanjut, penyebab, dan akibat. Jadi, sejarah adalah proses perubahan yang akan terus berlanjut dan sejarah tak luput dari yang namanya penyebab dan akibat. Sejarah biasa dikaitkan dengan peristiwa besar dan kejadian kejadian yang memberi perubahan besar pada masa setelahnya. Oleh karena itu, tidak semua hal bisa dianggap sebagai sejarah.

Seberapa pentingkah memahami sejarah itu?

sob, seperti yang telah kita bahas sebelumnya, tidak ada jaminan kalau kehidupan akan berjalan normal. Adakalanya sejarah akan terulang kembali. Bahkan, sekarang pun ana pikir kamu sudah mulai merasakannya. Contohnya saja di negara yang kita cintai ini. Sudah banyak terjadi hal hal yang rasanya merugikan bagi bangsa kita, sudah banyak terjadi permusuhan di negara kita, sudah banyak terjadi yang namanya perpecahan di negara kita. Apakah semua itu merupakan fenomena yang baru? Tidak sob, semua itu sudah pernah terjadi di masa masa sebelumnya. Pemberontakan terhadap negara, pengurasan terhadap negara, perempasan terhadap negara, itu sudah dialami oleh kakek kakek dan nenek nenek kita terhadulu. Lantas, kenapa kita harus mengetahui yang namanya sejarah ini?

Sedikit yang ana ketahui, bahwasanya dahulu juga sudah ada sebuah masalah, sebuah perpecahan, dan dulu juga sudah dikenal istilah pro dan kontra. Di sana, terdapat banyak pelajaran yang bisa kita ambil dan terapkan dimasa ini. Contohnya dimasa penjajahan terhadap Indonesia, apa asal mulanya negara kita dijajah, apa kekurangan negara kita sehingga kita dijajah oleh negara luar sana, kenapa kita bisa dijajah, dan terakhir, kenapa negara kita bisa lepas dari penjajahan tersebut. Semua itu terdapat pelajaran sob. Apa buktinya kalau sejarah bisa menjadi pelajaran? Coba kamu perhatikan, apa yang terjadi di negara kita sekarang, Sumber daya di negara kita lambat laun mulai dikuras oleh mereka yang tidak bertanggung jawab, kebebasan di negara kita lambat laun mulai dirampas, dan banyak lagi. Apakah itu hal yang baru? Sekali lagi, ana tegaskan bahwa itu adalah pola sejarah yang terjadi lagi. Sob, Kesimpulannya, sebenarnya kita bisa mencari solusi dari permasalah di masa sekarang dari kejadian masa lampau. Masalah terselesaikan di masa lampau, itu dapat kita pelajari cara mereka menyelesaikan masalah. Berhubung karena blog ini membahas hal hal yang Islami, untuk kedepannya kita tidak membahas mengenai sejarah Indonesia, melainkan sejarah para nabi dan Rasul. Pada hakikatnya semua sejarah itu sama. Terdapat pelajaran yang sangat berharga di dalamnya. Jadi, kamu tidak perlu membeda bedakan status sejarah, Jadi artike ini ana jadikan sebagai pembuka untuk artikel artikel berikutnya.

Sampai disini dulu sobat fillaah. Pesan dari ana, mulailah memahami kehidupan bersejarah. Ana yakin, dengan itu kamu tidak akan rugi kok. Yakinlah, bahwa dengan paham akan sejarah, kamu tau bagaiman pola kehidupan yang sebenarnya dan kamu bisa sedikit mencari solusi dari permasalahan yang kamu hadapi. Sesuai komitmen, ana akan menyampaikan banyak kurangnya ilmu tentang sejarah para nabi dan rasul. Untuk itu, kamu bisa berkungjung untuk mengisi waktu waktu santaimu. Ana mohon maaf atas segala khilaf.

TERIMA KASIH☺

0 komentar:

Posting Komentar