Kisah Nabi Hud A.S beserta hikmahnya

Halo sobat fillaah, di kesempatan kali ini admin akan mecaritakan kisah Nabi Hud A.S. Untuk kamu yang baru berkunjung, silahkan lihat juga artikel artikel sebelumnya di daftar yang telah admin sediakan di pojok kiri bagian atas. Langsung saja kita ke inti pembahasan.



Nabi Hud A.S

Hud A.S adalah cucu dari Nabi Nuh A.S. Beliau diutus untuk kaum Ad yang sangat durhaka, berada di bagian utara Hadramaut, Yaman selatan. Kaum 'Ad telah dilalaikan oleh kekayaan alam yang berlimpah di wilayahnya. Bukannya menyembah Allaah, mereka malah menyembah berhala yang mereka buat dengan Shamud, Shada', dan Al-Haba'.

Kondisi dakwah pada masa Nabi Hud A.S

Nabi Hud A.S adalah orang yang tegas dan cerdas, namun berhati baik. Ketika kekafiran dan kebodohan umatnya semakin menjadi jadi, ia mulai menyerukan untuk menyembah Allaah SWT dan meninggalkan berhala. Bukannya diikuti, tapi mereka malah mencaci dan menghina Nabi Hud A.S. Mereka tidak percaya sedikitpun mengenai hal hal yang disampaikan oleh Nabi Hud A.S. Bahkan, ke bodohan semakin menjadi jadi.

Diazabnya kaum 'Ad oleh Allaah SWT

suatu ketika, Allaah SWT menimpa mereka dengan musin kemarau yang sangat ekstrim. Ternak mereka banyak yang kekeringan, kebun mereka mulai tidak terurus, dan bahaya kelaparan terjadi dimana mana. Ketika itu juga, Nabi Hud A.S masih menyempatkan diri untuk berdakwah dengan mengatakan bahwa jika kaum 'Ad bertaubat, maka Allaah SWT akan menghentikan musibah yang terjadi di wilayahnya itu (terdapat dalam Al-Qur'an surat Hud ayat lima puluh dua). Karena kerasnya hati kaum 'Ad itu, mereka tetap menolak ajakan dari Nabi Nuh A.S. Dengan itu, Allaah SWT semakin murka dengan mendatangkan azab yang lebih besar. Ketika itu, orang orang di kaum 'Ad mengira awan gelap yang muncul karena hujan akan turun. Namun, Nabi Hud A.S menegaskan bahwa awan itu akan mendatangkan azab pedih yang akan membinasakan kaum 'Ad. Ternyata memang benar, angin mulai bertiup dengan dahsyat, harta harta mereka, ternak mereka, tanaman mereka, hancur dibawa oleh angin yang dahsyat itu. Mereka mulai ketakutan dan bersembunyi di rumah masing masing. Angin itu tidak berhenti hingga delapan hari tujuh malam. Sehingga kaum 'Ad hancur seperti pohon pohon yang roboh.

Hikmah dari kisah Nabi Hud A.S

  • Jangan sampai kekayaan membuat kita lupa kepada Allaah SWT.
  • Tidak akan ada yang bisa menghindar dari azab yang Allaah turunkan.
  • Allaah akan menghakimi seluruh makhluknya dengan seadil adilnya.


Sampai disinilah pembahasan mengenai KIsah Nabi Hud A.S. Mudah mudahan artikel ini bermanfaat bagi admin pribadi maupun yang membaca. Admin mohon maaf atas segala khilaf.

TERIMA KASIH

0 komentar:

Posting Komentar