Pedoman untuk berzakat fitrah


Halo sobat fillaah, tetap jaga kesehatan, jaga iman, dan jaga akhlak. Semoga setiap aktivitas kita diridhai oleh Allaah SWT. Di artikel ini kita akan mengupas pemahaman mengenain zakat fitrah. Sebelumya sudah admin sampaikan sebuah gambaran umum mengenai rukun islam ke-empat, yaitu membayar zakat. Zakat terdiri dari dua jenis, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Dan sekarang akan kita rincikan ilmu mengenai zakat fitrah.

Baca juga: Pemahaman tentang zakat


Pengertian zakat fitrah

Teman teman sudah penahkah mendengar kata fitrah? Fitrah itu artinya bersih dan suci. Namun, zakat fitrah artinya adalah pembayaran harta berupa makanan pokok yang dibayarkan diwaktu menjelelang Hari Raya Idul Fitri dengan aturan yang telah ditetapkan. Zakat fitrah ini hukumnya wajib ditunaikan bagi setiap Muslim dan Muslimah. Kenapa sih harus ada zakat fitrah? Karena dengan perintah zakat, kita dapat membahagiakan orang orang yang kurang mampu dengan mencukupkan kebutuhannya di hari raya ini.


Beberapa dalil penguat perintah zakat

Sobat sekalian pasti sudah tidak asing lagi dengan Qur'an surat Al-Baqarah ayat empat puluh tiga. Yang mana, melalaui ayat itu Allaah SWT perintahkan kita untuk mengerjakan shalat, menunaikan zakat, dan perintah untuk ruku' bersama orang yang ruku'. Dan pada bagian dalil ini, admin juga menambahkan satu hadits Baginda Rasulullaah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Bunyinya sebagai berikut:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ مُعَاذًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ إِلَى الْيَمَنِ فَقَالَ ادْعُهُمْ إِلَى شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنِّي رَسُولُ اللَّهِ فَإِنْ هُمْ أَطَاعُوا لِذَلِكَ فَأَعْلِمْهُمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ افْتَرَضَ عَلَيْهِمْ خَمْسَ صَلَوَاتٍ فِي كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ فَإِنْ هُمْ أَطَاعُوا لِذَلِكَ فَأَعْلِمْهُمْ أَنَّ اللَّهَ افْتَرَضَ عَلَيْهِمْ صَدَقَةً فِي أَمْوَالِهِمْ تُؤْخَذُ مِنْ أَغْنِيَائِهِمْ وَتُرَدُّ عَلَى فُقَرَائِهِمْ

Ketika Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengutus Mu'adz radliyallahu 'anhu ke negeri Yaman, Beliau berkata:  "Ajaklah mereka kepada syahadah (persaksian) tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah dan bahwa aku adalah utusan Allah. Jika mereka telah mentaatinya, maka beritahukanlah bahwa Allah mewajibkan atas mereka shalat lima waktu sehari semalam. Dan jika mereka telah menta'atinya, maka beritahukanlah bahwa Allah telah mewajibkan atas mereka shadaqah (zakat) dari harta mereka yang diambil dari orang-orang kaya mereka dan diberikan kepada orang-orang faqir mereka".


Zakat fitrah memiliki rukun yang harus di penuhi, diantaranya:

  1. Niat
  2. Adanya muzakki, yaitu pemberi zakat fitrah.
  3. Adanya mustahiq, yaitu penerima zakat yang diberikan oleh si muzakki.
  4. Adanya harta yang dizakatkan.


Syarat wajib zakat fitrah

  1. Beragama Islam, untuk non-muslim tidak diwajibkan untuk membayar zakat.
  2. Harta yang diberikan adalah makanan pokok dari penduduk setempat.
  3. Setiap muslim yang mendapati awal Bulan Syawal.
  4. Mempunyai kelebihan bahan pangan.


Pembayaran zakat fitrah diutamakan ketika mulai terbenamnya matahari di akhir Bulan Ramadhan. Zakat fitrah juga bagus ditunaikan setelah Shalat Shubuh sebelum pergi melaksanakan Shalat Idul Fitri, dan boleh juga sejak awal Bulan Suci Ramadhan sampai akhir Bulan suci Ramadhan. Namun, jangan membayar zakat fitrah ketika selesai Shalat Idul Fitri karena itu dianggap sama dengan membayar shadaqah biasa.


Nah, itu dia sobat sekalian, mudah mudahan setelah membaca artike ini, kamu tidak bingung lagi dengan pelaksanaan zakat fitrah. Admin do'akan agar kamu dan admin diberi kesempatan oleh Allaah SWT untuk bertemu di bulan suci berikutnya. Tetap setia mengunjungi blog ini untuk artikel terbarunya. Untuk bersilaturrahmi dan berkomunikasi, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.


Admin mohon maaf atas segala khilaf.

TERIMA KASIH😊

0 komentar:

Posting Komentar