20 Tujuan dan manfaat dari disyariatkannya zakat

Halo sobat fillaah, semua yang kita lakukan di dunia tentu ada tujuannya. Contohnya beramal shaleh, dengan itu kita memiliki harapan agar amalan kita menjadi sarana untuk menggapai rodhonya Allaah SWT. Nah, di artikel kali ini kita akan fokus membahas tentang apa saja tujuan dari disyariatkan zakat. Dengan harapan, artikel ini bisa memotivasi sobat sekalian untuk menjalankan perintah Allaah yang satu ini. Langsung saja inilah dia:

20 tujuan dan manfaat dari disyariatkannya zakat.



1.) Dengan berzakat, umat manusia dapat meningkatkan rasa kebersamaan yang mana hal ini sangat dibutuhkan demi terciptanya kesejahteraan.

2.) Dengan berzakat, berarti kita telah mengurangi beban yang diembat oleh para mustahiq yang tengah kesulitan.

4.) Mengurangi penumpukan kekayaan perorangan.

5.) Menghilangkan sifat bakhil, karena sudah jelas bahwa bakhil itu bukan merupakan perkara yang baik. Seperti yang telah diterangkan oleh Allaah SWT dalam Al-Qur'an surat Al-Ahzab ayat seratus delapan puluh bahwa Allaah SWT akan mengalungkan harta orang orang yang bakhil ke ke leher mereka di hari kiamat nanti. Kamu bayangkan saja berapa beratnya harta yang disimpan selama di dunia.

6.) Mengurangi kejahatan sosial karena sebagian besar kejahatan terjadi karena krisis ekonomi. Hal ini sangat bagus diterapkan di negara yang kita cintai ini.


7.) Dengan wajibnya berzakat, seseorang bisa terlatih untuk menjadi disiplin dan loyalitas dalam menjalankan kewajiban karena jika kewajiban zakat tidak dilaksanakan, maka kita akan dinantikan dengan ancaman ancaman Allaah SWT seperti yang telah ana sampaikan di artikel sebelumnya.

8.) Zakat dapat meningkatkatkan rasa tanggung jawab perseorangan terhadap keadaan masyarakat umun.

9.) Jurang pemisah antara kelas orang orang kaya dengan kelas orang orang miskin dapat dikurangi.

10.) Orang yang berzakat, imannya akan meningkat karena zakat merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allaah SWT.


11.) Hidup bahagia dan selamat karena ibadah zakat sama halnya dengan sholat, yaitu perintah dari Allaah SWT sekaligus sebagai rukun Islam. Sehingga, jika zakat tidak ditunaikan, hidup pun akan kacau dan sengsara.

12.) Dengan berzakat, dosa kita dapat diampuni oleh Allaah SWT.

13.) Pahala, hal yang pasti kita dapatkan bila tulus dan ikhlash dalam menunaikan zakat.

14.) Dengan berzakat, rizki akan terasa lapang. Sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullaah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. "Janganlah kamu menghitung hitung untuk bershadaqah karena takut miskin, sebab nanti Allaah akan menyempitkan rizki bagimu."

15.) Pembayar zakat adalah orang yang murah hati, lembut, dan simpatik. Sehingga banyak orang yang suka dengan sifat demikian.

16.) Biasanya, setelah menunaikan zakat, hati akan terasa lega. Admin tidak tau pasti apa penyebabnya, bisa saja dengan berzakat, rasa lega tersebut ditimbulkan oleh kewajiban yang telah dilaksanakan.

17.) Mungkin selama ini kita menganggap sepele mengenai hikmah zakat. Sebenarnya dengan zakat yang maksimal, kita telah memberikan kekuatan bagi Islam.

18.) Mungkin banyak yang bingung dengan istilah zakat dapat memperluas kekayaan. Nyatanya memang begitu sobat. Sudah banyak cerita yang kita dengar bahwa rata rata orang yang rajin berzakat itu bisa kaya di kemudian hari.

19.) Zakat sangat berpengaruh terhadap kesucian akhlak. Semakin rajin kita berzakat, maka semakin mulialah akhlak yang tumbuh pada diri kita.

20.) Kecemburuan bersosial, iri, dan dengki InsyaAllaah dapat dikurangi dengan zakat.

Segitu dulu sobat fillaah, mudah mudahan ilmu yang kita pelajari menjadi berkah disisi Allaah SWT. Tetap setia menemani admin disini, dan silahkan sharing melalui kolom komentar. Terakhir, admin mohon maaf atas segala khilaf.

TERIMA KASIH😁

0 komentar:

Posting Komentar