Penjelasan singkat mengenai nabi dan rasul

Halo sobat fillaah, di kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa hal mengenai nabi dan rasul. Untuk kamu yang mengingikan artikel lainnya, silahkan lihat seluruh daftar artikel yang admin sediakan di pojok kiri atas. Nah, langsung saja kita ke inti pembahasan.

Pengertian nabi dan rasul.

Nabi berbeda dengan Rasul. Nabi adalah hamba yang mendapat wahyu dari Allaah SWT yang mana wahyu tersebut diperuntukkan untuk pribadi nabi itu sendiri. Sedangkan Rasul adalah hamba yang menerima wahyu dari Allaah SWT yang mana wahyu tersebut diperuntukkan untuk Rasul itu beserta umatnya.

Ada berapakah jumlah Nabi dan Rasul?

Di dalam Al-Qur'an, Allaah SWT telah menjelaskan cerita dua puluh lima Nabi dan Rasul. Namun, apakah cuma segitu jumlah Nabi dan Rasul? Jawabannya adalah tidak. Nabi dan Rasul itu jumlahnya sangat banyak karena Allaah SWT menurunkan Nabi untuk setiap umat yang ada dan pada setiap zaman. Namun, Allaah SWT tidak menceritakan mereka di dalam Al-Qur'an. Melainkan dua puluh lima nabi yang telah kita bahas sebelumnya, diantaranya:

  1. Adam a.s
  2. Idris a.s
  3. Nuh a.s
  4. Hud a.s
  5. Shaleh a.s
  6. Ibrahim a.s
  7. Luth a.s
  8. Ismail a.s
  9. Ishaq a.s
  10. Ya'qub a.s
  11. Yusuf a.s
  12. Ayyub a.s
  13. Syu'aib a.s
  14. Musa a.s
  15. Harun a.s
  16. Daud a.s
  17. Zulkifli a.s
  18. Sulaiman a.s
  19. Ilyas a.s
  20. Ilyasa a.s
  21. Yunus a.s
  22. Zakaria a.s
  23. Yahya a.s
  24. Isa a.s
  25. Muhammad SAW


diantara dua puluh lima Nabi dan Rasul diatas, terdapat lima orang rasul ulul azmi, diantaranya:

  1. Nabi Nuh a.s
  2. Nabi Ibrahim a.s
  3. Nabi Musa a.s
  4. Nabi Isa a.s
  5. Nabi Muhammad SAW


Rasul Ulul Azmi adalah hamba Allaah SWT yang memiliki kesabaran tinggi dan tekan kuat dalam menegakkan agama Allaah SWT. Mereka tidak pernah menyerah dan tidak pernah putus asa walaupun ujian yang sangat berat melanda mereka. Seperti yang dijelaskan oleh Allaah SWT dalam Al-Qur'an surat Al-Ahqaf ayat tiga puluh lima. "Maka bersabarlah kamu seperti rasul rasul ulul azmi."

Dari semua Nabi dan Rasul yang ada, Nabi Muhammad SAW adalah Nabi Sekaligus Rasul terakhir atau penutup. Jadi, setelah Nabi Muhammad SAW, tidak ada lagi Nabi yang akan bermunculan. Jika ada, hal tersebut dapat dipastikan sebagai sebuah kebohongan. Seperti yang Allaah SWT jelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Ahzab ayat empat puluh.

Itulah sedikit diskusi kita mengenai Nabi dan Rasul. Jika ada hal yang ingin disampaikan, silahkan sampaikan di kolom komentar. Admin mohon maaf atas segala khilaf.

TERIMA KASIH

0 komentar:

Posting Komentar