5 Hal Yang Perlu Diterapkan Agar Hidup Terasa Damai

Di artikel ini ana akan menyampaikan sedikit tentang hal hal yang harus diterapkan pada diri kita agar selalu merasa tenang dan damai. Di artikel-artikel sebelumnya, ana sudah menyampaikan materi-materi lain yang mungkin kamu menyukainya. Untuk itu, silahkan buka daftar isi yang telah ana sediakan di pojok kiri bagian atas. Selanjutnya, mari kita ke inti pembahasan.

5 Hal Yang Perlu Diterapkan Agar Hidup Terasa Damai

Apakah menurutmu harta bisa membawa kedamaian? Atau mungkin pasangan bisa mendatangkan kedamaian? Jawabannya adalah adalah tidak. Kenyatannya banyak orang kaya yang merasa hidupnya berat, banyak orang sukses yang merasa ada kekurangan di dalam hidupnya. Nah, inilah hal yang akan mendatangkan kedamaian dan kebahagiaan bila kamu terapkan dalam hidupmu.

1.) Sabar

Sabar atau tabah adalah menerima dengan lapang dada setiap hal yang datang pada dirinya. Orang yang penyabar, sudah dipastikan bahwa hidupnya tenang, tidak banyak masalah, dan tidak rusuh. Karena, dengan bersabar sama saja artinya dengan mempersilahkan masalah untuk meninggalkan kita. Tapi bukan berarti sabar itu hanya untuk menghadapi masalah. Sabar juga bisa diandalkan ketika kamu sedang melakukan sebuah pekerjaan, menunggu suatu hal, atau bisa juga digunakan ketika kamu tengah menghadapi penderitaan. Rasulullaah SAW pernah bersabda, "Ash Shabru dhiyaa un" (bersabar adalah cahaya yang gemilang).

2.) Rajin

Loh, apa kaitannya rajin dengan ketentraman? Banyak kebaikan yang akan didapatkan apilah seseorang menerapkan sifat rajin. Contohnya, dengan rajin kamu akan menjadi insan yang pandai, dengan rajin berarti kamu telah mempersiapkan masa depan yang baik bagi dirimu, dengan rajin terhadap perintah Allaah SWT berati kamu dalam tahap meraih ridhonya Allaah SWT, dan banyak lagi contoh lainnya. Bukankah semua itu dapat mendatangkan ketenangan hati? Mungkin, banyak diantara kita yang merasa bahwa rajin itu merupakan hal yang berat. Sebenarnay rajin itu menyenangkan sob, kamu hanya butuh pembiasaan. Apabila sudah terbiasa, jangankan terasa berat, bahkan kamu kamu ingin melakukan kegiatan bermanfaat sebanyak mungkin.

3.) Teliti

Nah, teliti juga tak kalah pentingnya untuk mendatangkan kebahagiaan. Disini ana mau sedikit curhat. Hal yang sering ana alami disekolah adalah penyesalan sehabis ulangan atau ujian. Pada malam hari sebelum ujian, ana sudah merasa yakin bahwa ana telah menguasai seluruh materi yang akan diuji. Sayangnya, ketika pembagian hasil ujian, nilai ana sering tidak sesuai harapan. Apa penyebabnya? Itulah dia kurang teliti atau mungkin takabur. Sehingga, mucullah penyesalah yang berkepanjangan dan itu pasti merusak ketenangan hati.

4.) Hemat

Hemat pangkal kaya, itulah pepatah yang sering kita dengarkan. Hemat memiliki banyak arti, bisa saja hemat disebut dengan menunda kesenangan, bisa saja hemat disebut dengan hidup sederhana, dan lain sebagainya. Orang yang hemat bisa diperkirakan bahwa hidupnya akan tentram, baik di masa sekarang, maupun di masa mendatang. Dengan hemat, seseorang bisa mencukupi kebutuhannya bahkan jika ada kebutuhan mendadak sekalipun. Sehingga, mereka tidak khawatir akan masalah ekonomi dan hal itu jelas mendatangkan ketenangan.

5.) Ikhlas

Terakhir adalah ikhlas. Ikhlas adalah melakukan sesuatu semata mata karena Allaah SWT. Lantas, apa hubungan ikhlas dengan kebahagiaan? Orang yang ikhlas tidak mengharapkan imbalan atas pekerjaan yang mereka lakukan. Mereka hanya mengharapkan balasan dari tuhannya. Oleh karena itu, orang yang ikhlas hatinya tenang dan tidak risih memikirkan imbalan atas pekerjaannya. Bahkan, mereka merasa puas apabila melakukan suatu hal karena Allaah SWT. Dari situlah datangnya kebahagiaan bagi orang orang yang ikhlas.

Sampai disini pembahasan kita tentang akhlak yang dapat mendatangkan kebahagiaan dan ketenangan. Untuk kamu yang telah membaca, jangan sekedar dipahami saja. Terapkan semuanya ke dalam kehidupanmu sehari hari. Mudah mudahan, dengan itu hatimu selalu damai dan tentram. Ana mohon maaf atas segala khilaf dan,

TERIMA KASIH

0 komentar:

Posting Komentar