Kisah Nabi Idris A.S beserta hikmahnya

Bismillaahirrahmaanirraahiim. Halo sahabat fillaah, kali ini kita akan membahas tentang hebatnya seorang Nabi Idris A.S. Di artikel sebelumnya, ana sudah menyampaikan kisah tentang perjalanan hidup Nabi Adam A.S. Teruntuk kamu yang belum membacanya, silahkan lihat di daftar isi yang ana sediakan di pojok kiri bagian atas layar. Oke, langsung saja kita masuk ke pembahasannya.
 


Siapakah Idris A.S itu?

Rata rata umat muslim sudah mengetahui bahwa Idris A.S itu adalah Nabi kedua yang diceritakan di dalam Al-Qur'an. Beliau merupakan anak Nabi Syits (anak bungsu Nabi Adam A.S). Nabi Idris A.S diangkat menjadi nabi sekaligus rasul oleh Allaah SWT dengan dikarunia tiga puluh Shahifah (lembaran wahyu dari Allaah SWT).

Pintarnya Nabi Idris A.S

Seberapa pintarkah Nabi Idris A.S itu? Begini sob, Nabi Idris A.S adalah orang yang pertama kali membawa kecanggihan. Nabi Idris A.S adalah orang yang pertama kali menulis dengan pena, orang yang pertama kali pandai membaca, orang yang pertama kali pandai ilmu falak, orang yang pertama kali pandai berhitung, orang yang pertama kali pandai menjahit dan menggunting, orang yang pertama kali pandai memerangi kaum durhaka. Nah, kamu bisa menilai seberapa cerdasnya Nabi Idris A.S itu. Oh iya, satu lagi, Nabi Idris A.S juga orang pertama yang bisa memjahit baju, lantas bagaimana cara berpakaian orang orang sebelumnya? Yaitu dengan menggunakan kulit binatang seperti halnya Nabi Adam A.S.

Ternyata Nabi Idris A.S juga bisa berkomunikasi dengan malaikat

Nabi Idris A.S pernah meminta kepada Allaah SWT untuk dapat melihat alam ghaib, dan Allaah SWT pun mengabulkannya. Suatu ketika, Nabi Idris A.S dibawa ke langit keempat bersama malaikat Allaah. Namun, sebagian ulama mengatakan bahwa beliau juga sampai ke langit yang keenam. Buktinya terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. "Ketika Nabi Muhammad SAW dan Jibril melalui suatu tempat ketika Isra' Mi'raj, beliau sempat disambut oleh seseorang yang berkata 'selamat datang wahai nabi dan saudaraku yang shaleh.". Maka, bertanyalah Nabi Muhammad SAW bertanya kepada Jibril, "siapakah dia?" maka Jibril menjawab "Idris".

Nabi Idris juga pernah memberi pesan dan nasihat

  1. Orang yang bahagia adalah orang yang mengerjakan segala sesuatu karena mengharap syafa'at dari Allaah SWT.
  2. Orang yang terlalu rakus terhadap dunia, maka orang itu tidak akan pernah merasakan puas.
  3. Iman dan sabarnya seseorang akan mendatangkan kemenangan.
  4. Jangan bersumpah dengan dusta dan kamu tidak boleh menuntut sumpah orang yang berdusta agar kamu tidak menyekutui mereka dalam dosa.
  5. Kehidupan seseorang itu hendaknya mengandung hikmah.
  6. Jangan iri terhadap orang yang baik nasibnya karena nasib seseorang itu sifatnya sementara.


Adakah hikmah dibalik kisah ini?

Tentu ada. Setiap orang memilik hal dapat kita pelajari dari hidupnya. Contohnya kisah Nabi Idris A.S yang memiliki pelajaran berharga di dalamya, antara lain:

  • Nabi Idris A.S tidak sombong atas kepandaian yang ia miliki, hal ini dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari hari.
  • Nabi Idris A.S memiliki wawasan yang begitu luas, karena beliau rajin membaca dan rajin mengamati alam sekitar. Tentu di zaman sekarang hal itu masih dapat kamu praktekkan.
  • Nabi Idris A.S mendapat derajat yang mulia di sisi Allaah SWT karena belau merupakan sosok yang sabar dan shaleh.


Sampai disitu kisah Nabi Idris A.S ya sob, untuk kisah kisah lainnya akan kita bahas di artikel artikel berikutnya. Ana mohon maaf atas segala khilaf dan
TERIMA KASIH☺

0 komentar:

Posting Komentar