Pelajari rukun haji berikut ini

Halo sobat fillaah, rukun rukun dan wajib haji akan kita bahas diartikel ini. Sebelunya, ana sudah menyampaikan sedikit ilmu tentang apa itu haji. Teruntuk kamu yang belum membacanya, silahkan kamu buka daftar artikel yang ada di pojok kiri atas. Atau kamu bisa buka link ini. Tetap semangat menjalani hari. walupun aktivitas dibatasi, namun tidak boleh ada kata putus asa muncul di benak kita. Langsung saja kita mulai pembahasannya.


Rukun dan wajib haji
Rukun haji merupakan penentu sah atau tidak sahnya haji kita. Oleh karena itu laksanakan semua rukun haji yang ada tanpa meninggalkannya sedikitpun. Rukun haji adalah sebagai berikut:

1.) Ihram
Ihram adalah memasang niat seraya memakai pakaian putih yang tidak dijahit. Ihram dilakukan pada miqat yang telah diteteapkan seperti miqat zamani dan miqat makani.

2.) Wukuf di Arafah

Pada tanggal sembilan zulhijjah, dari waktu zhuhur sampai terbit fajar tanggal sepuluh zhulhijjah, jamaah haji mulai berkumpul di Arafah. Itulah yang disebut dengan wukuf fi Arafah.

3.) Thawaf
Dalam Al-Qu'an surat Al-Hajj ayat dua puluh sembilan, Allaah SWT memerintahkan kita untuk mengelilingi Baitullaah atau bisa kita sebut dengan Thawaf. Thawaf (mengelilingi ka'bah) dilakukan sebanyak tujuh kali dengan start dan finishnya berada di Hajar Aswad. Thawaf juga terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya:

  • Thawaf Ifadah (rukun haji)
  • Thawaf Qudum (penghormatan terhadap masjidil haram)
  • Thawaf Wada' (thawaf perpisahan dengan Masjidil Haram)
  • Thawaf Sunnah (thawaf yang dianjurkan oleh Rasulullaah SAW)

4.) Sa'i
Sa'i adalah melakukan lari lalri kecil sebanyak tujuh kali dengan rute dari safa ke marwa. Sa'i wajib dilakukan setelah melaksanakan Thawaf Ifadah.
 
5.) Tahallul
Tahalallul yaitu memotong rambut sebagian maupun secara keseluruhan. Tahallul terbagi dua yaitu tahallul pertama dan tahallul kedua. Tahallul pertama dilakukan setelah melaksanakan rukun haji pertama dan rukun haji kedua ditambah satu wajib haji. Dengan itu, maka jamaah haji sudah bebas dari beberapa langan Ihram kecuali berhubungan suami isteri. Sementara, tahallul kedua datang otomatis tanpa pemotongan rambut. Hal ini terjadi apabila semua rangkaian haji telah terlaksana seutuhnya. Dengan ini, jama'ah haji sudah bebas dari semua larangan haji.

6.) Tertib atau berurutan
Lakukanlah rangkaian haji dengan urutan yang benar tanpa meninggalkan apapun.

Wajib haji
Begini sobat, wajib haji tidak sama dengan rukun haji. Wajib haji memang harus dilaksanakan,  akan tetapi tidak mempengaruhi sahnya haji apabila ditinggalkan. Hanya saja jamaa'ah haji harus membayar dendan apabila melanggas dari wajib haji tersebut. Inilah wajib haji yang kita bicarakan:

  1. Ber'ihram sesuai dengan miqatnya.
  2. Bermalan di MUzdalifah.
  3. Bermalan di MIna atau bisa juga disebut dengan Mabit.
  4. Melontar jumrah Aqabah.
  5. Melontar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah.
  6. Jauhkan diri dari hal hal yang dilarang dalam Ihram.
  7. Thawaf wada' atau boleh juga disebut dengan Thawaf perpisahan.


Apakah sobat sekalian pernah mendengar kata Miiqat? Miqat terbagi dua yaitu Miqat Zamani dan Miqat Makani. Miqat Zamani adalah waktu sahnya melakukan ibadah haji, tepatnya pada awal bulan Syawal sampai dengan terbit fajar pada tanggal sepuluh Dzulhijjah atau pada akhir pelaksanaan wukuf di Arafah. Sedangkan miqat zamani adalah tempat sahnya memulai ibadah haji. Setiap pembagian wilayah, miqatnya berbeda beda. Sebagai berikut:

  • Orang yang tinggal di Makkah, miqatnya dirumah masing masing.
  • Orang yang tinggal di Madinah atau jajarannnya, miqatnya berada di Dzulhulaifah atau di Bir Ali.
  • Orang yang tinggal di daerah Syam, Mesir, Maghribi, dan jajarannya, miqatnya berada di sekitar Juhfah.
  • Orang yang tinggal di Yaman, India, Indonesia, dan jajarannya, miqatnya terdapat di Yalamlam.


Mungkin segitu dulu teman teman, untuk kelanjutannya silahkan teman teman lihat  daftar isi yang ada di pojok kiri atas. Semoga dengan membaca artikel ini, kita lebih paham mengenai haji dan Allaah mudahkan kita untuk berangkat ke Tanah suci itu. Sobat sekalian boleh berkomentar jika ada yang ingin disampaikan. Admin mohon maaf atas segala khilaf dan...

TERIMA KASIH☺

0 komentar:

Posting Komentar